Festival Grafis Berseni 2011

Reframing Printmaking

Sebuah Pameran Seni Grafis

Festival Grafis Berseni (FGB) merupakan sebuah rangkaian acara yang mengedepankan seni grafis sebagai sebuah cabang seni rupa yang menjanjikan dan memiliki tempatnya sendiri dalam medan sosial seni rupa. Berawal dari kesadaran bahwa seni grafis di Indonesia masih terkesan “meraba-raba” dalam mencari posisinya.Meskipun begitu, seni grafis bukanlah sebuah cabang baru dalam seni rupa Indonesia, seni grafis sudah ada sejak awal perkembangan seni rupa kita. Festival Grafis Berseni merupakan sebuah rangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan tempat berkarya dan mengapresiasi seni grafis, sekaligus menjalin interaksi antar pegiat grafis.

Waktu :
15 September – 6 Oktober 2011
Venue:
Lawangwangi Art & Science Estate
Jl. Dago Giri 99, Warung Caringin, Mekarwangi,
Bandung
http://artsociates.com/

Rangkaian acara dalam Festival Grafis Berseni 2011

Workshop (23-24 September 2011)

Dalam rangkaian acara juga terdapat workshop teknik grafis yang bisa diikuti oleh umum. ‘Image on Intaglio Photographic Print’ adala teknik yang akan diangkat dalam workshop kali ini, dengan Annisa Utami dan Deden Hendra Durrachman sebagai narasumber.

HTM : Rp. 150.000,00 (Umum) & Rp. 100.000,00 (Mahasiswa)

(Sudah termasuk sertifikat + snack)

CP : Dinda (085733413814)

Group Discussion (30 September 2011)Group Discussion diadakan untuk membahas isu aktual di dunia seni rupa, khususnya perkembangan & aplikasi seni grafis dalam tajuk ‘Reframing Printmaking’.Kami mengundang beberapa tokoh senirupa di Indonesia sebagai narasumber, yaitu :

– Aminudin TH Siregar (Kurator)

– Bambang Subarnas (Moderator)

– Setiawan Sabana dan Syahrizal Pahlevi (Seniman)

– Edwin (Edwin’s gallery)

CP : Cilsi (08158155511)

Pameran (15 September – 6 Oktober 2011)

Pameran merupakan agenda utama dalam rangkaian Festival Grafis Berseni. Tema yang diangkat dalam pameran ini adalah “Cultural Lag”, dimana seniman ditantang untuk merespon tentang ketidakseimbangan perkembangan suatu aspek budaya dengan yang lainnya, menjadi sebuah karya grafis. Seni grafis sendiri sudah menyimpan potensi yang besar dalam keragaman teknik dan medium yang ada dalam konvensinya, sehingga pameran ini memberikan ruang yang besar bagi para seniman untuk melakukan berbagai macam eksplorasi dalam proses berkaryanya.Pameran ini akan menampilkan karya-karya dari tiga kategori yaitu karya-karya terseleksi dari open call, seniman undangan, dan arsip koleksi karya seniman grafis Indonesia. Sehingga pameran ini akan menjadi ajang pertemuan antara berbagai kalangan dalam dunia seni grafis, baik yang akademis maupun otodidak, yang muda maupun yang senior, yang baru maupun yang lama. Diharapkan dengan terkumpulnya berbagai elemen seni grafis tersebut, kita dapat melihat sejarah seni grafis di Indonesia, sejauh mana perkembangannya, bagaimana posisinya dalam seni rupa kita sekarang dan kemana seni grafis akan kita bawa nantinya.

Festival Grafis Berseni melalui tajuk “Reframing Printmaking”, ingin mengajak para pegiat seni grafis dan juga masyarakat untuk melihat, mengintrospeksi, dan kemudian menyusun kembali seni grafis dengan harapan akan membawa kemajuan bagi perkembangan seni grafis

For more info visit our website Festival Grafis Berseni 2011