“LOOK // AFTER” Pameran Tunggal Deden Hendan Durahman

Look // After Deden Hendan Durahman Melalui karya-karya fotografinya, sudah lama Deden Hendan Durahman tertarik menciptakan “ruang artifisial” yang tidak hanya memaksa batas realita dan ilusi kedalam kesamaran, tetapi juga memiuhkan (distorsi) – bahkan membuat pemirsa berpikir lebih lama untuk menyadari, karena subyek bahasannya tidak tampak secara eksplisit. Dengan strategi visual yang khas, Durahman secara perlahan mengundang pemirsa memasuki “ruang dimana kebohongan bisa diatur” sambil mempertanyakan : apakah realita merupakan suatu produk delusi perseorangan? Lingkup karya fotografinya adalah gejolak sosial-politik dan budaya yang sedang melanda Indonesia saat ini. Dinamika ini tentunya juga berlaku secara global. Dalam hal ini, memproduksi kebohongan melalui berbagai citraan, sedang dihadapi bangsa Indonesia ibarat kanker yang akut. Dalam budaya visual sekarang, orang-orang tidak bisa lagi menyaring mana realita yang diciptakan melalui kebohongan dan mana yang tidak.
Melalui proyek fotografi Look // After , Durahman setidaknya ingin menyampaikan fenomena ini. Ia menawarkan suatu kepada kita untuk merefleksi makna kebenaran dalam bayang – bayang kebohongan di era “pasca kebenaran”. Seperti yang ia kemukakan untuk proyek ini, “ budaya visual dalam ruang siber harus dikritik karena itu mengasingkan kita dari kebenaran – meski ia hanyalah konstruksi.” (Penulis Aminudin T.H. Siregar, Leiden 2019)


Deden Hendan Durahman, born in Majalaya – Indonesia, December 6th 1974. Education: 1993 -1997, Bachelor in Fine Art, Faculty of Art & Design, Bandung Institute of Technology Bandung. 2002 – 2005: Diplom in Fine Art, Hochschule für Bildende Künste Braunschweig Braunschweig – Germany. 2005 – 2006:
Meisterschüler in Fine Art, Hochschule für Bildende Künste Braunschweig Braunschweig – Germany.
#orbitaldago #contemporaryartgallery #dedenhendandurahman

Berita Terkait